Anda pecinta olahraga ataupun barang-barang sport? Ya, tentu merek ini
tidak lagi asing di telinga siapapun yang mendengarnya. Namanya telah
menjulang tinggi, eksistensinya telah merajai pasar barang olahraga
berkat kualitasnya, hingga pada akhirnya Nike mampu memiliki brand
awareness yang cukup tinggi dari masyarakat. Logonya yang khas pun terus
menjadikan merek Nike sebagai merek benda dan alat-alat olahraga yang
bergengsi dan berkualitas tinggi.
Sejauh ini, kita mengetahui bahwa Nike, Inc. adalah salah satu
perusahaan yang bergerak dalam industryi sepatu, pakaian dan alat-alat
olahraga yang terletak di Amerika Serikat. Perusahaan ini termasuk
perusahaan dengan basis produk olahraga yang terbesar di dunia, lho.
Gaya dan modelnyaa seringkali menjadi penyetir mode atau fashion sport
di dunia. Hal ini diikuti dengan langkah keberanian Nike untuk
mensponsori olahragawan-olahragawan terkenal seperti Tiger Woods,
Ronaldo dan Michael Jordan. Anda tentu mengenal mereka semua bukan?
Dibalik semua itu, tentu merek Nike menyimpan berbagai keunikan dan
fakta menarik. Penasaran apa saja yang menjadi keunikan dan fakta
menarik dari Nike, Inc.? Pada ulasan kali ini, Bisnishack.com akan
membahasnya. Yuk, kita simak bersama – sama!
Images Credit |
1. Nike,
Inc. termasuk perusahaan sepatu, pakaian dan alat – alat olahraga yang
tidak pernah tanggung – tanggung dalam mengikat kerja sama dengan atlit
– atlit ternama. Terbukti, Nike mensponsori berbagai tim sepak bola
dunia seperti Manchester United, Barcelona F.C, Arsenal, F.C Basel,
Juventus, Inter Milan, Hertha BSC Berlin, Valencia C.F, Atletico de
Madrid, Paris Saint – Germain, FC Porto, Boca Juniors, Urawa Red
Diamonds, dan masih banyak lagi.
2. Logo
Nike adalah inovasi dari bentuk tanda ceklis. Sederhana namun banyak
arti, dengan filosofi bahwa menggunakan Nike adalah sesuatu yang benar,
tepat dan sesuai dengan harapan.
3. Slogan
perusahaan Nike adalah “Just Do It”. Lakukan saja, apa yang membuatmu
nyaman, salah satunya dengan menggunakan Nike sebagai merk yang
terpercaya dan berkualitas untuk berolahraga
.
4. Inspirasi nama Nike adalah dewi Yunani yang bernama Dewi Nike. Sesuai kepercayaannya, Dewi Nike adalah lambang kemenangan.
5. Perusahaan
Nike didirikan tahun 1964. Hal ini bermula ketika atlit sekaligus
pengusaha Oregon bernama Philip Knight, membuat sepatu lari yang diimpor
dari Jepang. Sepatu lari yang dibuatnya ini diharapkan bisa bersaing
dengan merk Jerman seperti Adidas dan Puma, yang sudah lebih dulu
mendominasi pasar Amerika. Dengan lokasi produksi yang berada di Jepang,
sepatu lari milik Knight tentu dapat dijual dengan harga yang lebih
murah.
6. Philip
Knight menjual sepatu dengan berkeliling di stadion atletik. Ia memulai
bisnisnya dari nol. Knight menjualnya secara pelan, sederhana namun
pasti. Lama kelamaan, peningkatan penjualan diterima oleh Knight berkat
kualitas sepatunya yang bagus namun harganya lebih murah dibandingkan
merk sepatu yang dibuat di Jerman. Salah satu pelajaran wirausaha yang
berharga.
7. Sejak
dulu, Nike merangkul pasar yang terdiri dari seluruh kalangan, mulai
dari anak – anak hingga dewasa, dengan terfokus pada sepatu lari baik
bagi yang professional maupun yang non professional. Tidak hanya
mengedepankan kualitas untuk pemakaian olahraganya saja, Nike pun
mementingkan sepatunya dari segi model dan fashion.
8. Salah satu kompetitor Nike yang sempat menggoyahkan kestabilan perusahaan Nike adalah Reebok.
9. Untuk
mengalahkan Reebok, Nike mengeluarkan seri sepatu Air Jordan, yang
dipromosikan oleh pebasket handal Michael Jordan. Segmentasi yang tepat!
10. Nike
memperluas pasarnya selain di Amerika Serikat, ia juga menyasar pada
wilayah Eropa dan Asia. Jumlahnya cukup besar, untuk Amerika Serikat
sebanyak 60%, Eropa 30% dan wilayah Asia 5%.
11. Sepatu
Nike selalu dibuat di Asia. Bila pada mulanya hanya di Jepang saja,
kini pabrik Nike meluas ke Korea Selatan dan Taiwan. Baru – baru ini,
China juga menjadi salah satu negara yang memilki pabrik Nike.
13. Pada
tahun 1980- an, terjadi pergolakan buruh di Korea Selatan. Adanya kasus
ini membuat Nike memindahkan pabrik produksinya ke Thailand Selatan dan
Indonesia.
14. Nike Indonesia beroperasi sejak tahun 1988.
15. Sebagian
besra pabrik yang memberikan ruang produksi untuk Nike berlokasi di
daerah industry di Tangerang dan Serang. Yap! Daerah sebelah barat
Jakarta ini menghasilkan barang kesukaanmu.
16. Pencipta
slogan “Just Do It” pada produk Nike bukanlah pendiri Nike yaitu Philip
Knight, melainkan Wieden dan Kennedy, biro iklan yang bekerja sama
dengan Nike sejak awal Nike dikembangkan.
17. Selain Philip Knight, salah satu pendiri Nike adalah Bill Bowerman, seorang pengajar dan pelatih di Sekolah Tinggi Medford.
18. Hingga kini, Nike memiliki lebih dari 700 toko resmi di seluruh dunia, dengan kantor di 45 negara besar di luar Amerika Serikat.
19. Nike
memiliki pabrik – pabrik di wilayah Asia. Beberapa negara yang memiliki
pabrik Nike antara lain Indonesia, China, Taiwan, India, Thailand,
Vietnam, Filipina, Malaysia dan Pakistan.
20. Anda
pasti kenal dengan sepatu Comverse? Ya, Converse adalah anak perusahaan
utama dari Nike. Dahulunya, Converse pernah diakuisisi pada tahun 2003
oleh Nike. Namun Nike kembali menjualnya karena Converse dirasa memiliki
nilai jual yang khusus.
21. Yang
menjadi kekuatan perusahaan ataupun produk Nike adalah; kualitas
produknya, brand nya yang sudah mendunia, logo dan slogan yang khas dan
tertanam di benak masyarakat, serta tim Research and Development dari
kantor Nike pusat yang bekerja dengan baik. Hal inilah yang menjadikan
Nike paling sering berinovasi dibandingkan dengan merk sepatu yang lain.
Inovasi ini sangat menyesuaikan zaman, kebutuhan serta model yang
sedang berkembang.
22. Kelemahan
perusahaan Nike adalah, terlalu fokus pada penjualan sepatu. Produk
perusahaan yang paling identik dengan Nike adalah sepatu. Padahal, masih
banyak produk lain dari Nike seperti baju, celana dan perlengkapan
olahraga lainnya yang penjualannya terbilang rendah atau tidak sukses.
23. Nike selalu diterpa dengan isu miring eksploitasi pekerja. Who knows?
24. Di
negara berkembang, produk palsu ataupun bajakan dari merk Nike menjadi
pilihan utama bagi sebagian besar konsumen. Yah, kembali kepada kita,
ingin menghargai sebuah karya atau tidak.
25. Bagi Nike, pesaing terberat baginya adalah brand Adidas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar